KONI WIKI

Seputar Olahraga

Alat Pengguna

Alat Situs


sejarah_perjalanan_koni

Isi dari Sejarah Perjalan KONI ini, disadur dari buku sejarah Perjalanan KONI 1939 - 2015, yang diterbitkan oleh KOMITE OLAHRAGA NASIONAL INDONESIA, Pada tahun 2015 dan diperbaharui pada tahun 2019 dengan perubahan Judul “SEJARAH PERJALANAN KONI 1938 - 2019.

Yang kami sajikan dalam sejarah perjalanan Koni ini adalah sebagai berikut :

SEJARAH OLAHRAGA NASIONAL

SEBELUM KEMERDEKAAN

Sejarah Olahraga Indonesia terkait erat dengan sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Semua bermula dari bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Tidak bisa dilupakan juga peran para bangsawan terutama pihak kerajaan di Tanah Air pada era sebelum Kemerdekaan dalam perannya ikut mengenalkan ragam olahraga kepada masyarakat. contoh yang bisa disebutkan disini adalah kepedulian Raja Mangkunegara VII yang telah memgenalkan olahraga dengan membangun lapangan olahraga dan bahkan menggelar lomba-lomba dengan melibatkan warganya pada era 1930.

Raja Mangkunegara Peduli Olahraga

sejarah perkembangan olahraga di Tanah Air tidak akan pernah lepas dari peran Kerajaan Mangkunegara di Surakarta. Adalah Kanjeng Gusti Pangerang Adipati Aryo Mangkunegara VII yang membuat tidak ada sekat antara Raja dan Rakyatnya. KGPAA Mangkunegara VII yang berpendidikan sastra di Universitas Leiden, Belanda begitu memperhatikan kehidupan masyarakatnya dan dalam kepemimpinannya Surakarta begitu Hidup.

  1. Raja Mangkunegara VII tidak hanya mengembangkan kebudayaan dan pendidikan termasuk memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi, tetapi juga ikut membangun kebugaran rakyatnya melalui olahraga.
  2. KGPAA Mangkunegara meyakini, dengan berolahraga selain membuat tubuh menjadi bugar, juga menjadikan masyarakatnya tetap berfikir positif. juga menjadikan olahraga sebagai wadah kontrol sosial juga sebagai wadah untuk menunjukan kualitas diri.
  3. Raja membangun sebuah lapangan terbuka sebagai pusat olahraga di Manahan yang lokasinya di depan sekolah Openbare Mulo. Lapangan olahraga ini juga dimanfaatkan oleh siswa-siswa Openbare Mulo untuk pelajaran olahraga. Lapangan ini dikelola oleh Komisi olahraga yang dibentuk pemimpin praja. Penggabungan antara sarana olahraga dan kurikulum disekolah adalah langkah penting untuk memasyarakatkan olahraga sejak usia DINI. Raja Memfokuskan perkembangan olahraga pada cabang sepakbola , berkuda dan tenis.
  4. Pada Tahun 1935, Ia juga membangun kolam renang, lapangan tenis, selain memerintahkan membangun sebuah lapangan yang cukup luas disetiap onderdistrik yang berada dibawah kekuasaan Mangkunegaran. Hal itu dilakukan untuk mengakomodasi keinginan rakyat yang menggemari sepakbola. Sepakbola menjadi prioritas untuk dikembangkan, terbukti dengan digelarnya turnamen ditingkat onderdistrik memperebutkan piala Bupati dan tingkat kewedanaan memperebutkan piala Wedana. Kerajaan tidak kesulitan menggelar turnamen karena pada Juli 1935 terdapat 34 Lapangan di seluruh Mangkunegaraan dan Wonogiri..
  5. KGPAA Mangkunegara VII membentuk perkumpulan-perkumpulan olahraga seperti Sport Unie Sarosa, Tennis Club der Officieren dan Salatigasche Hippische Sport Vereniging. Puncaknya adalah ketika ia mendirikan Sport Vereniging Mangkoe Negaran (SVMN) pada 7 Juni 1936.SVMN memiliki 84 anggota yang berasal dari beberapa perkumpulan olhraga seperti renang, berkuda, sepakbola, atletik dan Bola Keranjang dengan logo perkumpulan. Mereka memiliki pakaian olahraga yang serupa, kaos putih di padu dengan celana pendek puti. Bendera dari Perkumpulan ini berwarna hijau kuning dengan tulisan SVMN ditengah-tengahnya. SVMN merupakan puncak dari pembangunan olahraga di Kerajaan Mangkunegaran yang membuat rakyat makin dekat dengan rajanya. Lewat olahraga KGPAA Mangkunegara VII berhasil membangun keharmonisan dengan rakyatnya.

KONI PUSAT PERIODE 1967 - 1986

KONI PUSAT PERIODE 1986 - 1994

KONI PUSAT PERIODE 1994 - 2003

KONI PUSAT PERIODE 2003 - 2007

KONI PUSAT PERIODE 2007 - 2011

KONI PUSAT PERIODE 2011 - 2015

KONI PUSAT PERIODE 2015 - 2019

sejarah_perjalanan_koni.txt · Terakhir diubah: 2020/10/17 19:35 (Perubahan eksternal)